Apakah kamu sering mandi malam menggunakan air hangat? Kebiasaan tersebut kerap dianggap berbahaya. Padahal, mandi malam dengan air hangat tidak sepenuhnya berbahaya, justru ada bermacam manfaat yang bisa diperoleh.

Banyak orang memilih untuk tidak mandi malam, meskipun dengan air hangat. Mereka khawatir terkena rematik yang menyebabkan penderitanya mengalami nyeri sendi. Faktanya, belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan mandi malam menyebabkan rematik.


Mandi Air Hangat di Malam Hari

Mandi air hangat di malam hari ialah mandi dengan menggunakan air suhu tinggi sebelum tidur, bertujuan untuk merilekskan tubuh dan pikiran setelah seharian beraktivitas. Mandi ini membantu mengurangi ketegangan otot, meredakan stres, serta membersihkan kulit dengan efektif. 

Selain manfaat fisik, mandi air hangat juga bisa sebagai media untuk merenung dan melepaskan pikiran yang mengganggu. Tak jarang orang menganggap mandi air hangat sebagai ritual perawatan diri yang menenangkan, sebagai persiapan  bagi tubuh dan pikiran agar tidur lebih nyenyak serta berkualitas.


Bolehkah Mandi Air Hangat di Malam Hari?

Mandi air hangat di malam hari sebenarnya diperbolehkan, bahkan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, bagi orang dengan kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, perlu memperhatikan suhu air mandi.

Suhu air yang terlalu panas dapat meningkatkan risiko penurunan tekanan darah, atau mengganggu keseimbangan tubuh. Gunakan pemanas air dari Solahart agar mendapatkan suhu air hangat yang tepat dan aman di kulit.

Ritual mandi air hangat di malam hari aman dilakukan (sumber gambar: solahartstore.com)

Ritual mandi air hangat di malam hari terbukti aman, malah disarankan untuk mendapatkan sensasi rileks dan tidur nyenyak, tapi tetap perhatikan kenyamanan dan konsultasikan dengan dokter jika ada kekhawatiran kesehatan, ya!


Manfaat Mandi Air Hangat pada Malam Hari

Mandi air hangat banyak memiliki khasiat yang luar biasa, baik secara fisik maupun pikiran. Lantas apa saja manfaatnya?


1. Tidur Lebih Nyenyak

Setelah menjalani aktivitas yang padat seharian, tidur malam yang nyenyak setelah mandi air hangat menjadi kepuasan tersendiri. Suhu tubuh akan turun dan melatonin diproduksi ketika berbaring di kasur, sehingga kualitas tidur pun meningkat. Mandi air hangat juga mampu melemaskan otot serta memberikan perasaan santai pada organ-organ tubuh yang lelah.


2. Mengurangi Stres

Tambahkan minyak esensial pada air hangat yang digunakan mandi malam, hal itu akan membantu meredakan stres, menghilangkan lelah, menurunkan tingkat kecemasan atau overthingking yang gemar mengganggu pikiran, serta mempertajam ingatan.


3. Mengatasi Masalah Gatal-Gatal

Mandi air hangat dengan minyak zaitun atau minyak kelapa bisa menghilangkan gatal dan kulit kering akibat psoriasis. Jangan berendam lebih dari 10 menit, gunakan waslap untuk membersihkan kulit, dan aplikasikan pelembab setelah mandi sesuai saran dokter.


4. Mengatasi Kulit Kering

Air hangat sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Kandungan avenanthramides dalam gandum dapat mengurangi inflamasi dan gatal pada kulit. Cara menggunakan gandum yaitu dengan meletakkannya dalam kaus kaki bersih dan kering, lalu berendamlah dalam air hangat selama 15-20 menit.

Mandi air hangat bisa melemaskan otot (sumber gambar: solahartstore.com)

5. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat air hangat adalah sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Tak heran jika emosi sedang memuncak, disarankan mandi menggunakan air hangat. Khusus di malam hari, mandi air hangat sebaiknya dilakukan tak lebih dari 20 menit.


Ketahui Risiko Mandi Air Hangat di Malam Hari

Tak melulu bermanfaat, mandi malam menggunakan air hangat juga memiliki risiko bagi kesehatan, karena efek kedinginan setelahnya. Meski begitu, ritual mandi pada malam hari setelah beraktivitas tetap perlu dilakukan jika kondisi tubuh fit dan tidak memiliki gangguan kesehatan, untuk menghilangkan debu dan polusi, serta memusnahkan bakteri atau virus yang menempel di kulit. Lebih detail mengenai risikonya, yuk simak penjelasan di bawah.


1. Flu 

Mandi malam sering dikaitkan dengan risiko flu atau masuk angin. Suhu tubuh dingin setelah mandi dapat mempercepat pertumbuhan virus. Penelitian oleh Yale University tahun 2015 menunjukkan virus di rongga hidung yang dingin lebih mudah menyebabkan flu.


2. Meningkatkan Gejala Rematik

Tubuh penderita rematik harus menghindari kedinginan, sehingga tidak disarankan mandi di malam hari, meski dengan air hangat. Rematik menyebabkan sendi kaku dan bengkak, terutama pada jari-jari tangan atau kaki. Jurnal Reumatologia Clinica menyatakan suhu tubuh terlalu dingin memperburuk gejala rematik pada penderita lansia.


3. Risiko Asma Kambuh dan Bronkitis Akut

Perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba setelah mandi malam dapat memicu gangguan pernapasan, khususnya bagi penderita asma dan sinusitis.

Selain disebabkan oleh virus dalam saluran pernapasan yang menyebabkan peradangan pada bronkus, faktor lain penyebab bronkitis akut ialah suhu lingkungan yang terlalu dingin atau kering, termasuk mandi di malam hari.


4. Gejala Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi suhu tubuh di bawah 35°C akibat cuaca dingin, basah, dan berangin. Salah satu penyebabnya karena kedinginan setelah mandi malam. Gejalanya meliputi menggigil, bibir biru, kulit pucat, dan detak jantung meningkat.

Perhatikan bayi, anak kecil, dan lansia karena lebih rentan terkena hipotermia. Hipotermia harus segera ditangani untuk menghindari kehilangan energi, kesadaran, dan bahkan kematian.


Kesimpulan

Pendapat bahwa mandi air hangat pada malam hari berbahaya bagi kesehatan adalah mitos belaka, faktanya justru banyak manfaat dari ritual tersebut. Namun, untuk orang dengan kondisi medis tertentu memang ada risikonya, sehingga perlu memperhatikan kenyamanan dan melihat kondisi tubuh sebelum melakukan mandi air hangat di malam hari. Konsultasikan ke dokter jika ada kekhawatiran kesehatan.

Air hangat berkualitas dihasilkan oleh water heater bermutu terbaik pula (sumber gambar: solahartstore.com)

Bersama pemanas air dari Solahart Water Heater, temukan kenikmatan mandi yang mengasyikkan. Didesain untuk memberikan pengalaman mandi yang tak terlupakan, produk tersebut menghadirkan keseimbangan sempurna antara efisiensi energi serta kualitas terbaik.

Rasakan pula mandi yang menyegarkan setiap hari dengan produk pemanas air Solahart Water Heater. Tingkatkan kualitas hidup dengan memilih kenyamanan serta kehangatan yang tak tergantikan. Kamu bisa mendapatkan pemanas air Solahart dari dealer terpercaya dan terbesar di Indonesia, hanya di PT. Air Hangat Indonesia.


***


Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.