Di era yang serba modern
ini, segala sesuatunya bisa didapatkan atau dilakukan dengan mudah,
sehingga terkadang membuat kita menjadi begitu konsumtif. Ditambah lagi
dengan mudahnya mengakses internet, hampir segalanya jadi bisa dilakukan
dari satu tempat saja, asalkan kita memiliki sambungan internet dan
gadget yang menunjang. Jadilah kehidupan kita di masa kini semacam
terperangkap dalam sebuah kotak berlayar kaca di depan mata yang mampu
membawa kita ke mana saja, pun melakukan apa saja.
Bahkan, dalam hal
permainan, kebanyakan anak zaman sekarang sudah tak bisa lepas dari
gadget di tangan. Berbagai permainan atau mereka lebih senang
menyebutnya sebagai games, bisa dilakukan melalui smartphone, tablet,
ataupun laptop. Mulai dari yang sederhana hingga memerlukan keahlian
khusus, semua ada. Mulai dari yang tak membutuhkan sambungan internet,
hingga yang memerlukan jaringan internet super kilat juga ada. Inilah
yang tanpa sadar membuat anak-anak di era modernisasi ini menjadi egois
dan individualis.
Berbeda dengan ketika aku masih bocah. Aku biasa menyebut masa bocahku dengan sebutan
generasi 90-an, karena di rentang tahun tersebut aku menghabiskan masa
kecil. Belum adanya gadget yang membombardir kehidupan masa kecilku dan juga kawan-kawan sebaya lainnya, membuat kami lebih kreatif dalam
bermain. Kreatif maksudnya, dalam bermain kami tak hanya duduk, tetapi
juga melakukan berbagai macam gerak dan lagu.
Masih teringat dengan
jelas, aku dan kawan-kawan hampir setiap hari bermain bersama di
halaman rumah, di halaman sekolah, di pelataran balai, di lapangan
kampung, atau sekedar di teras rumah. Kami melakukan berbagai permainan
mulai dari yang individu seperti gasing, yoyo, layangan, dakonan (congklak), bola bekel, beradu kelereng (gundu), dan sebagainya. Sedangkan permainan kelompok yang biasa dilakukan adalah jamuran, ancak-ancak alis, gobak sodor, cublak-cublak suweng, yeye (lompat tali), jethungan (petak umpet), dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu-persatu.
Dari sekian banyak permainan
tradisional yang pernah kumainkan bersama kawan-kawan, semuanya
menarik. Namun, cublak-cublak suweng yang begitu membekas di hatiku. Meski sederhana, permainan tersebut menarik dari berbagai segi. Ya
menarik namanya, ya menarik cara memainkannya, ya menarik lirik lagu
yang mengiringinya. Makna filosofis yang terkandung di dalamnya
pun menarik.
Berbicara tentang permainan tersebut, aku selalu
teringat pada simbah putri yang telah memperkenalkan cublak-cublak suweng padaku, meski sebenarnya tanpa dikenalkan oleh
simbah pun pasti aku tetap akan mengenalnya, karena di masa kecilku banyak anak-anak yang bermain cublak-cublak suweng. Ya,
bagaimanapun aku tetap harus berterimakasih pada simbah.
Saat malam hari, kala bulan memantulkan sinar matahari dengan
sempurna, aku dan kawan-kawan, setelah belajar akan keluar rumah
kemudian menuju halaman rumah salah satu kawan dan bermain bersama. Di
bawah terang bulan, kami bermain ancak-ancak alis, jamuran, dan juga
berkejaran kesana-kemari. Sangat mengasyikkan!
Lalu kalau sudah lelah,
kami beristirahat. Bukan sembarang istirahat, karena dalam posisi duduk,
kami tetap saja bermain. Tentu saja cublak-cublak suweng yang kami
mainkan. Sebelum memulai permainan, kami melakukan hompimpah
untuk menentukan siapa yang akan menjadi Pak Empo. Pak Empo ialah anak
yang kalah dalam hompimpah, kemudian ia akan berbaring telungkup
sedangkan kawan-kawan lainnya duduk melingkari dan menaruh telapak
tangan dengan posisi terbuka di atas punggung Pak Empo. Permainan
tersebut bisa diikuti oleh banyak anak sekaligus, selama punggung Pak
Empo masih bisa memuat telapak tangan-tangan peserta.
Oh iya, sebelum melakukan pemainan cublak-cublak suweng, jangan lupa
mencari benda apapun yang bentuknya kecil dan bisa digenggam. Bisa
kerikil, logam, dan sebagainya—biasanya kami menggunakan kerikil. Benda
tersebut nantinya akan dianggap sebagai suweng (giwang). Setelah siap, barulah kami memulai permainan dengan menyanyikan lagu yang liriknya sebagai berikut:
Cublak-cublak suweng
Suweng e ting gelenter
Mambu ketundung gudel
Pak Empo lirak-lirik
Sopo ngguyu ndelikkake…
Sir, sir pong dele gosong
Sir, sir pong dele gosong
Sir, sir pong dele gosong…
Hehehe… lucu ya liriknya? Sambil menyanyikan lagu di atas, si
pemegang ’suweng’ akan memutar kerikil dari satu telapak tangan ke
telapak tangan anak-anak lain, seolah akan memberikan pada salah satu
dari mereka. Begitu seterusnya hingga lagu di bait pertama habis.
Ketika
masuk bait kedua, ’suweng’ sudah digenggam oleh salah satu anak, Pak
Empo bangun dan anak-anak lainnya menutup kedua tangan seperti
menggenggam sesuatu, tapi bagian telunjuknya terbuka. Lalu, kedua tangan
posisi menggenggam tadi diangkat setinggi dada serta digoyangkan sambil
menyanyi dan mengikuti irama lagu bait kedua hingga selesai.
Saat anak-anak menyanyikan bait kedua tersebut, Pak Empo akan
kebingungan menebak siapa yang membawa suwengnya. Awas, di bagian ini
Pak Empo seringkali terkecoh karena biasanya anak-anak selalu
menunjukkan pertanda seolah mereka yang menyembunyikan ’suweng’.
Kalau
Pak Empo berhasil menebak siapa pembawa ’suweng’, maka anak yang
ditunjuk tersebut akan menjadi Pak Empo selanjutnya, tetapi kalau salah
tebak maka ia pun akan menjadi Pak Empo kembali. Begitu seterusnya
sampai kami lelah bernyanyi dan bermain. :P
Dulu, kalau ada anak yang
menurut kami nakal dan kebetulan ia menjadi Pak Empo, maka biasanya ia
akan dijendilke atau sengaja dibuat menjadi Pak Empo terus
sampai ia bosan dan lelah telungkup. Caranya dengan menyembunyikan
’suweng’ di tempat lain, bukan di tangan salah satu dari kami, dengan
begitu, siapapun yang ia tebak, maka tak ada yang benar. Puas rasanya
kami bisa ‘balas dendam’ pada anak tersebut, hahaha…
Kelihatannya memang hanya menyanyi dan menyembunyikan benda kecil, namun
permainan cublak-cublak suweng ada manfaatnya juga bagi anak-anak yang
masih dalam masa pertumbuhan. Dengan memainkan permainan tersebut, efek
yang paling sepele adalah secara tidak langsung anak akan diajak belajar
menyanyi dan menghafal lagu, juga berlatih kekompakan dalam menyamakan
ritme lagu dan gerak tangan. Selain itu, anak pun akan belajar bagaimana
harus menjaga sebuah rahasia.
Bukan rahasia lagi kalau orang Jawa pada dasarnya memiliki budaya senang
berkumpul, meski dalam kegiatan tersebut sekedar duduk-duduk dan
mengobrolkan hal yang ‘tak penting’. Dari kebiasaan suka berkumpul itu
bisa ditebak kalau mungkin dulu permainan-permaian tradisional Jawa juga
muncul dari kebiasaan berkumpul. Hal itu bisa dilihat dari berbagai
permainan dalam masyarakat Jawa yang kebanyakan melibatkan banyak anak.
Salah satunya ya cublak-cublak suweng yang sudah kusebutkan di atas.
Permainan anak tradisional dilakukan tak hanya untuk mencari kesenangan,
melainkan juga memberi dampak positif dan media belajar bagi anak-anak.
Dampak yang paling jelas dengan melakukan permainan tradisional yaitu
mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman. Selain itu,
permainan tradisional juga mampu melatih gerak motorik dan kreatifitas,
melatih kemandirian, mengajarkan arti kesetiakawanan, mengajarkan
bagaimana cara mengendalikan diri dan emosi, belajar saling menghargai,
belajar bekerja sama, berlatih kesabaran, hingga diajarkan bagaimana
cara berempati terhadap orang lain. Seperti yang telah diketahui, masa
kanak-kanak merupakan masa perkembangan otak yang paling bagus untuk
mengajarkan berbagai pengalaman serta pelajaran hidup yang kelak akan
mempengaruhi kepribadian ketika dewasa.
Sebagai tambahan, dalam melakukan permainan tradisional, anak-anak selalu mengawalinya dengan
hompimpah.
Apapun permainannya, jangan lupa hompimpah dulu!
Asal tahu saja, dalam hompimpah pun ada makna yang terkandung di
baliknya. Hompimpah kalau diuraikan memiliki makna tertentu yang
kandungannya sangat bagus.
Hompimpah alaihom artinya dari Tuhan
kembali ke Tuhan. Jadi ketika anak-anak melakukan hompimpah sebelum
melakukan permainan, secara tak langsung mereka belajar arti kepasrahan.
Ketika akhirnya mengucap
gambreng, mau tangannya menengadah ke
atas, mau tangannya tengkurap, mereka tidak peduli. Tak peduli dalam
artian pasrah mau menang atau kalah, pokoknya mereka bisa bermain
bersama.
|
ular naga panjangnya bukan kepalang... (dok. pribadi) |
|
Mulai hilangnya atau sudah sulit dijumpainya permainan tradisional di masa
kini sangat disayangkan, karena itu tandanya juga menghilangnya salah
satu nilai budaya Indonesia. Tentunya, kita semua tak ingin jika pada
akhirnya salah satu budaya tersebut akan benar-benar musnah. Kalau mau
menyadari, orang dewasa sebenarnya juga turut andil sebagai penyebab
mulai menghilangnya permainan tradisional.
Sebagai orang dewasa, kita
sering kali khilaf dengan tak lagi mengajak dan mengajarkan anak-anak
kita, adik-adik kita, atau anak-anak di sekitar kita bagaimana bermain
bersama tanpa campur tangan teknologi. Jadi, untuk mencegah kemusnahan
permaian tradisional, mulai sekarang kita bisa mengajak dan mengajarkan
anak-anak di sekitar kita untuk bermain bersama di alam terbuka, sejenak
meninggalkan gadget di tangan. Mari bermain bersama… ;)
***
*tulisan ini pernah dipublikasikan di akun kompasiana-ku, ditulis ulang di sini karena untuk update blog saja. :P